Tips Dan Cara Perawatan Mesin Bor

Pada kesempatan kali ini Sakha.co.id akan membahas Mesin Bor. Mesin Bor adalah salah satu Power Tools yang sangat penting dimiliki oleh setiap rumah, gedung maupun industri. Mesin bor sendiri merupakan sebuah mesin dengan gerakan memutarkan alat pemotong dengan arah pemakaiannya mata bor hanya pada sumbu mesin tersebut. Sekarang hal baik dan perlu juga bagi kita untuk mengetahui cara merawat mesin bor Anda.

Dengan memilih mesin bor yang tepat, Anda akan menghindari kerugian investasi saat membelinya. Kami sebut ‘investasi’, karena untuk membeli mesin bor yang baik, harganya pun tidak dapat dikatakan murah. Dengan menggunakan mesin bor dengan aman, Anda melakukan efisiensi dalam pekerjaan pengeboran dan juga keselamatan Anda sebagai pengguna, sehingga kesehatan Anda pun terjaga. Kesehatan itu mahal harganya…

Dan berikut ini Sakha.co.id akan membahas tips dan cara perawatan mesin bor.

  1. Lepaskan kabel mesin bor dari stop kontak saat tidak digunakan. Hal ini untuk mencegah kecelakaan akibat terkena mesin bor yang tidak sengaja terhidupkan. Pastikan juga tombol pemicu tidak pada posisi ON atau tertekan tanpa sengaja oleh benda lain.
  2. Selalu lepaskan mata bor dan semua asesori mesin bor setelah selesai. Gunakan alat yang khusus untuk melepaskan mata bor dari cengkam. Lepaskan asesoris, seperti gagang tambahan, dengan baik dan hati-hati. Mesin bor dapat lebih mudah dibersihkan dan disimpan jika terlepas dari semuanya itu. Mesin bor yang digeletakkan sembarangan begitu saja dengan mata bor terpasang, akan lebih cepat rusak cengkam dan juga mata bornya berkarat atau bahkan melengkung.
  3. Biasakan untuk membersihkan mesin bor setelah digunakan. Cukup dengan menyeka permukaan luar mesin bor dengan lap bersih. Hal ini untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel dan juga untuk menjaga permukaan luar mesin bor tetap kering. Jika ada permukaan besi yang mulai berkarat, bersihkan dengan sikat kuningan dan lumuri dengan minyak pelumas mesin jahit.
  4. Bersihkan mata bor dan asesori mesin bor. Baca juga Tips Memilih Dan Merawat Alat Pelindung Diri supaya invetasi Anda terjaga. Semakin panjang usia pakai mata bor, maka investasi Anda juga dapat semakin panjang. Aksesoris mesin bor seperti tongkat pengukur kedalaman lubang bor, akan mudah berkarat jika tidak dibersihkan. Lumuri mata bor dan asesori yang terbuat dari besi dengan minyak pelumas mesin jahit sebelum disimpan.
  5. Pastikan kabel mesin bor digulung dengan baik tidak asal-asalan. Kabel yang digulung asal-asalan akan memiliki risiko lebih besar untuk mengalamai putusnya kawat tembaga di dalam kabel. Pastikan juga kondisi kabel dalam keadaan kering dan permukaannya dalam kondisi baik. Jika ada yang terkelupas, segera perbaiki.
  6. SImpanlah mesin bor, mata bor dan asesorinya dengan baik di tempat yang bersih dan kering. Jika memungkinkan simpanlah di dalam wadah tertutup. Hal ini untuk menghindari mesin bor dari debu dan kotoran tambahan serta dari kelembapan, Kotoran yang menempel ditambah dengan kelembapan akan memicu karat dan kerusakan pada mesin bor dan asesorinya.
  7. Selalu gunakan asesori yang sesuai dengan jenis mesin bor. Hal ini untuk menjaga mesin bor dari kerusakan yang tidak perlu. Asesori yang tidak sesuai jika dipaksakan akan merusak mesin bor. Misalnya jika Anda ingin menggunakan mesin bor sebagai obeng listrik atau sebagai mesin gerinda, dan sebagainya.
  8. Selalu gunakan mata bor yang sesuai dengan jenis pekerjaan pengeboran, Gunakan mata bor beton untuk pengeboran beton. Gunakan mata bor kayu untuk pengerjaan pengeboran kayu. Hal ini untuk mengurangi kerusakan motor listrik mesin bor dari beban kerja berlebihan.
  9. Lakukan servis dan perbaikan mesin bor kepada teknisi yang tepat. Pilihlah service center yang sesuai dengan bor Anda. Anda dapat mencarinya melalui informasi yang tertera pada buku manual atau kemasan mesin bor. Anda dapat juga mencarinya di internet sesuai merk mesin bor Anda.

Jika Anda menyuruh tukang atau seseorang untuk memperbaiki atau memasang sesuatu di rumah dengan menggunakan mesin bor, jangan lupa untuk memeriksa apakah mesin bor dan seluruh perlengkapan dan asesorisnya sudah bersih dan disimpan kembali dengan rapi. Dari hal ini kita juga dapat menilai seberapa apik dan bertanggungjawab sang tukang Anda itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.